Haloo Sob… kali ini saya mau
berbagi tips mengemudi atau nyetir buat yang baru bisa nyetir atau pemula atau
juga yang udah lama nyetir tapi belum mengetahui teknik nyetir atau berkendara saat macet ditanjakan.
Mungkin yang baru-baru bisa
nyetir menghadapi tanjakan yang macet atau antrian di tanjakan itu menyeramkan
bahkan bisa mandi keringat dingin :(
Cara kebanyakan orang klo
menghadapi tanjakan macet atau terkena antrian kendaraan menggunakan mobil
manual itu:
1. Injak rem kaki, injak kopling (posisi gigi ke-1) atau injak kopling lalu lepas (posisi gigi netral) tergantung lama tidaknya antrian. Setelah yang didepan mulai jalan. Kaki kanan yang injak rem cepat-cepat injak gas sambil kopling diangkat perlahan-lahan.
Kelemahan teknik ini :
A. harus konsentrasi tinggi. Soalnya resiko mesin mati atau mobil mundur kalau telat injak gas.
B. kayak nya kurang keren gitu kalau pas stop and go ditanjakan gitu mobil kita mundur walaupun sedikit.. hehehehe
2.Teknik nyetir lain, pake setengah kopling. Teknik ini ga masalah klo ditanjakan tapi macet atau antri nya beberapa detik atau sebentar saja. Tapi meskipun begitu, lebih baik teknik ini dihindari karena membuat kampas kopling cepat habis. Gunakan saja dalam keadaan darurat atau ditanjakan yang tidak begitu macet. Selain itu teknik ini juga harus mengerti timing antara injakan gas dengan injakan kopling yang pas agar mobil diam tidak maju tidak mundur tanpa di rem.
Kelemahan teknik ini, ya itu tadi berakibat kampas kopling cepat habis. Meskipun sedikit terlihat keren karena pas stop and go ditanjakan, mobil ga mundur ke belakang. heheheeh
Nah teknik teknik diatas mungkin yang biasa sobat pakai khususnya pemula kayak saya.. hahahahah
Tapi sobat bisa coba teknik yang
udah umum dipakai dan butuh latihan beberapa kali agar mahir di tanjakan yang
macet dengan kondisi stop and go. Caranya :
11. Pada
saat menghadapi tanjakan yang macet, dalam keadaan berhenti di tanjakan sobat
rem dulu menggunakan rem kaki, injak kopling penuh, posisikan gigi ke netral,
lalu angkat rem tangan (ingat angkat rem tangan sebaiknya di pencet juga tombol
yang ada diujung rem tangan terus angkat maksimal lalu lepas tombol rem tangan
tersebut). Lalu lepas rem kaki dan lepas kopling. Biar ga pegal… hehehehe. Dengan ini mobil akan diam karena di rem menggunakan rem tangan.
22. Jika
mobil didepan sudah mulai jalan…. Nah ini teknik nya ….
Sobat injak
kopling penuh, lalu masukan gigi ke posisi 1, posisikan kaki kanan di atas
pedal gas, dan siap siap tangan menurunkan rem tangan.
Sekarang sobat
buka sedikit kopling dibarengi dengan injak gas sedikit dan rasakan mobil ada
dorongan ke depan, setelah itu lepas rem tangan sedikit sedikit dan rasakan
mobil bergerak ke depan tanpa ada gejala mundur. Ini tergantung bagaimana curam
nya tanjakan yang dilalui. Jika tanjakannya curam maka injak gas sedikit lebih
banyak dibarengi dengan angakt kopling dan lepas rem tangan.
Kalau sudah
terbiasa dengan teknik ini, ga ada lagi panic saat melalui tanjakan curam
sekalipun.
Keuntungan
teknik ini :
a. Terbebas dari teknik setengah kopling yang berlebihan. Apalagi sampai mesin mobil mati.
b. Kampas kopling In Shaa Allah awet…
c. Ga perlu konsentrasi tinggi. Sambil bercanda sama teman dalam mobil pun ga masalah.
d. Ga akan ada gejala mobil mundur walaupun sedikit… ini menjadikan sobat terlihat lebih keren dan ahli. hahahahaha
Nah itu tips dari saya buat sobat
yang baru bisa nyetir atau belum tau teknik nyetir di tanjakan khusus nya
tanjakan curam yang bikin horror…..
tentunya ini digunakan untuk mobil jenis transmisi manual yang masih
sebagian orang pakai. Kalau menggunakan jenis matik ya berbeda lagi cara nya.
Semoga bermanfaat dan barokah…
Thanks tipsnya.. musti byk bljar lagi.. msh agak mati2 waktu latihan..
BalasHapusPractice Makes Perfect sob.... :)
HapusSy udh bisa pake mobil krn sy trus bljr bhkn hmpir tiap mlm tpi sy kok msh grogi trus ya?.... apa lgi klo di smping sy mertua sy yg ahli nyetir mobil jg.huhh sy jdi grogi bgt.cra spya grogi sy hilg gmna ya?....mhon pncerahn'y pak
BalasHapusbanyak cara agar ga grogi sob. setel musik contohnya. buat santai dan menyenangkan saja pas nyetir.
Hapusyang penting fokus, nanti juga perasaan grogi bakal hilang dengan sendirinya seiring jam terbang yang banyak. good luck sob :)
Oke mksh ats nsehtnya
HapusSaya juga masih grogi saat nyetir berhenti di tanjakan...semua teori sudah saya praktekan tapi grogi masih tetep gak ikang-ilang..
BalasHapuskalau jam terbang terus bertambah, perasaan grogi lama2 bakal ilang mas.
Hapusawal2 pun saya seperti itu :)
terima kasih infonya, admin www.topyulianto.com
BalasHapusmantap bos untuk infonya,terima kasih banyak."tambang emas indonesia"
BalasHapusSewa Mobil Malang
BalasHapusTravel di Malang
Di tanjakan sudah pakai rem tangan tapi kenapa tetap mundur ya saat berhenti
BalasHapusTerimakasih informasinya
BalasHapus