Hai-hai sobat….. kembali saya mau
berbagi ilmu, mungkin buat sebagian orang artikel ini terlalu mudah di
praktekkan tp ada sebagian orang mungkin
yang belum mengerti dan ingin mencoba untuk bisa.
Kali ini saya akan berbagi
mengenai Pivot table…. Ya Pivot table adalah software yang terintegrasi dengan
Microsoft Office Excel yang sebagian besar sobat pasti pernah dan sedang
memakai MS Office Excel ini…
Ok langsung saja saya jelaskan
membuat Pivot table dari sebuah data contoh yang saya bikin sendiri.
Nah data diatas sudah terdiri
dari kolom utama dan kolom-kolom data
lain yang berisi baris baris data.
Mungkin sobat bertanya buat apa
pivot table itu??? Hehehehe… ya mungkin sobat bisa saja men sort data manual
diatas trus menjumlah total nya lalu mengkelompokan pelanggan ato produk dari
data diatas… BETAPA RIBET nya ya
Ini guna nya kita harus mengenal
pivot table. Kita bisa mengkelompokan data, menjumlah data, dan menganalisa
data hanya dengan beberapa klik saja… hehehehe
Ok setelah tau kegunaan nya langsung
aja praktek.
Dari data mentah diatas taruh
pointer di kolom A1 (sebenarnya bebas aja mau ditaruh dimana aja, tapi ini agar
memudahkan data yang akan dipilih masuk ke pivot table saja). Lalu masuk ke
Insert dan Pilih Pivot Table dan Klik Pivot Table
Akan muncul jendela “Create Pivot
Table”. Nah disini yang saya maksud pointer diletakan di kolom A1, maka secara
otomatis data yang dipilih akan masuk ke pivot table. Langsung aja tekan ok
karena kita akan membuat pivot di worksheet baru.
Gambar diatas adalah tampilan
dari Pivot Table. Terdiri dari Kertas kerja dan ruang setting pivot table.
Untuk memudahkan penggunaan nya,
biasa nya saya memunculkan menu PivotTable Classic dengan cara masuk ke
Pivottable option (klik kanan di ruang kerja) pilih Display lalu ceklist
“Classic PivotTable Layout……” tekan ok.
Terakhir kita tampilakan
data-data mentah yang awal tadi kita buat. Caranya dengan meng klik di kolom
data yang dibutuhkan di samping kanan (ruang setting pivot Table). Sesuaikan
dengan kebutuhan analisa dan data sobat inginkan. Berikut hasil nya :
Sobat bisa menarik (drag and
drop) data yang akan disimpan di Colum labels, Row Labels, Report Filter,
maupun Values.
Demikian bagi2 ilmu yang
sederhana dari saya semoga bermanfaat dan barokah bagi kita semua… Aamiin
Tag :
#belajar pivot table #apa itu pivot table #mengolah data dengan menggunakan pivot table #cara mudah belajar pivot table #excel dan pivot table
0 Response to "CARA MEMBUAT PIVOT TABLE DI EXCEL"
Posting Komentar